Friday, April 19, 2013

Hipnoterapi Jakarta - TEROWONGAN KERETA TERPANJANG

Kemampuan manusia dalam mendesaign dan teknologi kontruksi yang begitu berkembang dengan pesatnya. Terbukti tidak hanya berbagai macam bentuk bangunan tetapi dalam dunia kereta api ternyata dapat dibuktikan dengan semakin macunya dan semakin banyaknya terowongan terowongan yang menghubungkan daerah satu dengan daerah lain baik melintasi laut, berada di bawah tanah serta terowongan terowongan yang bertebaran dimana mana. Hal tersebut sebenarnya sudah menjadi bukti bahwa perkembangan dunia kontruksi dan dunia desaign begitu maju dan berkembang akhir akhir ini lebih lebih telah ditemukannya teknologi semen cor.

Untuk mengamati perkembangan ilmu desaign dan dunia kontruksi maka berikut ini kami informasikan beberapa terowongan kereta api terpanjang di dunia sebagai berikut :


1. Terowongan Seikan
Seikan Tunnel:

Terowongan Seikan merupakan terowongan khusus untuk jalur kereta api , panjang terowongan ini adalah 53,85 Km berada di wilayah Jepang. Yang paling menghebohkan adalah sekitar 23,3 Km dari panjang terowongan berada di dasar laut. Lokasi terowongan yang berada di dasar laut berada pada kedalaman 140 meter di dasar laut atau sekitar 240 meter ( 790 kaki ) jika dihitung dari permukaan laut.

Posisi dan letak terowongan Seikan ini berada di bawah selat Tsugaru, penghubung antara Provinsi Aomori di pulau Honsu dengan pulau Hokkaido - Jepang. Terowongan Seikan ini juga merupakan bagian dari Kaikyo Line of Hokkaido Railway Company. Sampai pada saat ini terowongan Seikan masih merupakan terowongan terpanjang di dunia. Rekor tersebut kemungkinan besar akan tergantikan oleh Terowongan Gotthard Base di Eropa yang rencananya akan selesai di buat pada tahun 2018. Jika terowongan ini selesai tepat waktu maka terowongan Gotthard Base akan mejadi terowongan kereta api terpanjang dan terdalam di dunia

2. Terowongan Channel
Terowongan Channel yang menghubungkan Kent dekat Dover Inggris raya dengan Coquelles, Pas-de Calais dengan Calais di Utara Perancis merupakan terowongan bawah laut dengan panjang 50,5 Km atau 31, 4 mil di bawah selat Dover, Inggris. Terowongan ini berada pada kedalaman 75 meter dibawah laut. Dari 50,5 Km terowongan Channel sedikitnya 37,9 Km berada di dasar laut. Sampai pada postingan ini kami buat terowongan ini adalah terowongan bawah laut terpanjang no 2 setelah terowongan Seiken di Jepang.

3. Terowongan L�tschberg Base
L�tschberg Base Tunnel:

Terowongan Lotschberg Base merupakan terowongan yang baru diselesaikan, terowongan ini memotong pegunungan Alpen di Swiss dengan panjang sekitar 34,577 Km. Menurut daftar rekor dunia terowongan ini merupakan terowongan terpanjang di dunia yang menembus pegunungan. Terowongan ini memiliki kedalaman 400 meter dari pegunungan Alpen Swiss. Terowongan ini tergolong masih baru karen baru dibuat pada tahun 2005, dan menurut catatan ternyata membutuhkan waktu 1 tahun yaitu sekitar tahun 2006 kontruksinya telah berakhir. Terowongan ini baru dibuka dan diresmikan pada hari Jum'at, 15 Juni tahun 2007, dan masih belum optimal dioperasikan. Baru pada 9 Desember 2007 terowongan ini dioperasikan secara penuh.

4. Terowongan Guadarrama
Guadarrama Tunnel:

Terowongan Guadarrama adalah terowongan kereta api yang hanya digunakan khusus untuk kereta api berkecepatan tinggi dengan dua tabung yang beroperasi pada rute Madrid - Valladolid di Spanyol. Kedua tabung tersebut berada di sebelah barat dengan panjang sekitar 28,407 Km sedangkan tabung lainnya berada disebelah timur dengan panjang sekitar 28,418 Km. Terowongan Guadarrama ini merupakan terowongan kereta api terpanjang di Spanyol. Terowongan ini dibuka untuk umum pada Desember 2007.

5. Terowongan Iwate-Ichinohe
Terowongan Iwate-Ichinohe adalah pemegang rekor terowongan terpanjang di dunia sejak sampai tahun 2007, dan rekor tersebut terpecahkan saat diselesaikannya pembangunan terowongan L�tschberg Base. Panjang terowongan Iwate- Ichinohe sekitar 25,810 Km yang menghubungkan kota Tokyo dengan Aomori. Terowongan yang terletak sekitar 545 KM dari Stasiun Tokyo ini dibuka sejak tahun 2002. Sebelumnya telah melakukan survei yang dimulai pada tahun 1988 dan pada tahun 1991 mulai dilaksanakan kontruksinya dan baru selesai di kerjakan pada tahun 2000. Jadi melihat perjalanan sejarahnya terowongan ini membutuhkan waktu yang lama mulai dari Survei - pengerjaan hingga rampung. Dan dua tahun sejak terselesaikannya terowongan ini maka tahun 2002 baru dibuka untuk umum. Kedalaman terowongan ini sekitar 200 meter.

sumber
http://www.didunia.net/2012/12/terowongan-kereta-api-terpanjang-di.html
http://terselubung.blogspot.com/2013/01/terowongan-kereta-api-terpanjang-di.html