Wednesday, January 30, 2013

Hipnoterapi Jakarta - Seputar Rambut dan Cara merawat -Memelihara rambut


SEPUTAR RABUT DAN PERAWATANNYA


Larangan Dalam Merawat Rambut
Anda mungkin sudah sering mendengar apa saja yang harus dilakukan untuk membuat rambut lebih indah. Tapi Anda juga perlu tahu apa yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.


Lain jenis rambut, lain pula sisir yang digunakan. (Jupiterimages)

Jangan menggunakan pelembab di kulit kepala
Beberapa kondisi rambut, terutama yang kering dan rapuh membutuhkan bantuan pelembap untuk membuatnya lebih sehat. Namun terutama untuk pemilik kulit kepala berminyak, menggunakan pelembab pada kulit kepala justru bisa mendatangkan masalah.
Kulit kepala akan menjadi semakin berminyak dan bepotensi menyebabkan timbulnya ketombe karena kelembapan yang berlebihan. Jika Anda memerlukan pelembap, cukup gunakan pada ujung-ujung rambut dan bilas sampai tuntas.

Jangan salah memilih sisir
Lain jenis rambut, lain pula sisir yang digunakan. Bentuk sisir didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pemilik rambut yang berbeda. Jika memilih bentuk sisir yang salah, kemungkinan rambut patah dan rontok akan semakin besar.
Sisir besar misalnya cocok untuk rambut panjang dan tebal. Sedangkan pemilik rambut rapuh sebaiknya memilih sisir dengan bahan alami seperti kayu dengan bantalan sisir yang lembut. Untuk penataan rambut yang maksimal, pemilik rambut pendek bisa memilih sisir kecil yang pipih atau sisir bulat dengan diameter kecil.

Jangan menyisir rambut terlalu kuat
Menyisir rambut terlalu kuat hanya akan membuatnya rontok. Gunakan tangan Anda untuk menyisir rambut yang kusut. Tangan bisa merasakan dan berhenti saat rambut berisiko rontok pada waktu dirapihkan. Urai perlahan-lahan dengan tangan. Setelah mulai teratur, rapihkan dengan sisir.

Jangan menggosok rambut dengan handuk
Menggosok rambut dengan handuk usai keramas bisa membuat rambut rapuh. Rambut basah jauh lebih rentan daripada rambut kering. Gosokan yang kuat pada rambut basah bisa dengan sukses membuat rambut Anda patah dan rontok.
Selain itu, lapisan alami rambut juga terancam rusak karena sekaan yang terlalu kuat. Akibatnya kilau alami rambut pun berkurang. Sebaiknya cukup tekan handuk ke bagian rambut yang basah hingga airnya meresap.

Hindari penataan rambut yang merusak
Menyasak rambut, menguncir rambut terlalu keras dan mengenakan aneka jepit yang membuat patah rambut adalah beberapa contoh penataan rambut yang sebaiknya dihindari.
Akar rambut akan mudah rapuh jika selalu dalam keadaan tertarik kencang. Selain akar rambut yang rapuh, aliran darah yang mengalir untuk menyehatkan kulit kepala pun terganggu. Akibatnya kerontokan rambut pun sulit dihindari.
Jangan memaksakan diri untuk menata rambut dengan sasakan atau ikatan keras setiap hari. Beri waktu rambut untuk beristirahat dan memulihkan kesegarannya setiap hari. Usahakan untuk mencari berbagai alternatif tatanan rambut sehingga tidak selalu fokus pada satu bagian rambut yang sama setiap hari. Hal ini bisa membuat rambut bisa beristirahat dan memulihkan kesehatannya.

Jangan asal memilih alat penataan rambut
Pengering atau pelurus rambut memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut. Rambut kusam atau rontok bisa jadi akibat pemilihan alat yang salah. Pilih alat penataan rambut dengan panas yang bisa disesuaikan atau lapisan yang berbahan keramik untuk pelurus rambut. Memang biasanya harga alat ini sedikit lebih mahal daripada alat biasa.
Tetapi tak ada salahnya berinvestasi lebih untuk kesehatan rambut yang menjadi mahkota Anda. Apalagi jika Anda cukup sering menggunakannya. Alat yang lebih baik tentu bisa bertahan lebih lama dan menghasilkan penataan rambut yang lebih baik.


Trik Menyisir Rambut yang Tepat
Menyisir rambut merupakan rutinitas sehari-hari untuk menyempurnakan penampilan. Selain untuk merapihkan rambut, menyisir juga bisa dilakukan untuk membentuk tatanan rambut.

Salah menyisir bisa berisiko merusak keindahan rambut. (iStockphoto)
Rambut juga bisa memperoleh manfaat kesehatan dari menyisir. Menyisir dapat melancarkan peredaran darah di kepala, mendorong timbulnya pelembab alami yang menyehatkan serta menjaga kebersihan rambut.
Namun salah menyisir bisa berisiko merusak keindahan rambut. Karena itu pelajari cara menyisir yang tepat untuk rambut lebih sehat.

1. Untuk Anda yang berambut panjang dan keriting sebaiknya sisir rambut Anda dahulu dengan jari sebelum menggunakan sisir. Rapihkan bagian-bagian yang kusut. Langkah ini membantu mencegah rambut rontok dan patah karena menyisir.

2. Bagi rambut Anda menjadi 3 atau 4 bagian lalu mulai menyisirnya. Cara ini bisa membantu mengurangi kekusutan serta membuat rambut rambut lebih rapih. Membagi rambut menjadi beberapa bagian juga bisa membuat Anda lebih mudah menata rambut.

3. Gunakan sisir yang tepat untuk hasil yang maksimal. Untuk yang berambut keriting, pilih sisir bergigi jarang dengan bahan yang lembut agar tidak mudah tersangkut di rambut yang kusut. Jika akan menggunakan sisir bulat, pilih diameternya dengan tepat. Makin panjang rambut pilih semakin besar diameternya. Sedangkan pemilik rambut tipis bisa memilih sisir dengan bantalan lembut yang tidak kasar, sehingga mengurangi risiko rambut patah serta rontok.

4. Pastikan tekanan yang tepat saat menyisir rambut. Jangan sampai menyisir rambut terlalu keras hingga melukai kulit kepala dan memicu minyak berlebih di rambut. Sisir secara perlahan terutama di bagian yang mudah kusut.

5. Pilih bentuk sisir yang tepat ketika menata rambut. Untuk merapihkan rambut, pilih sisir panjang yang pipih. Sisir jenis ini cocok untuk merapihkan rambut yang kusut. Sedangkan untuk membentuk atau menciptakan volume, gunakan sisir bulat. Sisir bulat cocok digunakan saat menata rambut dengan hair dryer.

6. Sisir rambut basah dengan tangan untuk menghindari kerontokan. Tekstur rambut basah, lebih rapuh dari rambut kering sehingga mudah patah dan rontok. Tunggu sampai rambut setengah kering atau kering dengan sempurna sebelum merapihkannya dengan sisir.
Kiat Perawatan Rambut Saat Hamil
Ketika mengandung, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita. Saat sedang mengandung si jabang bayi, ada beberapa perawatan rambut yang perlu diperhatikan agar tidak membahayakan calon bayi Anda.
Hormon berperan sangat besar saat seorang wanita tengah hamil. terkadang perubahan hormon membuat perubahan-perubahan di tubuh terjadi, termasuk kesehatan rambut. Begitu juga kehadiran di buah hati yang berada dalam kandungan.


Gejolak hormon yang terjadi di dalam tubuh tak jarang juga mempengarui emosi para wanita hamil. (Creatas Image &
Beberapa aktivitas Anda jika tidak dilakukan secara hati-hati dapat membahayakan atau merusak perkembangannya.

Pengaruh hormon
Beruntunglah Anda para wanita hamil yang rambutnya semakin lebat dan indah. Pengaruh hormon memang terkadang justru membuat rambut makin subur. Tapi tak jarang juga hormon membuat perubahan merugikan untuk kesehatan rambut. Misalnya kulit kepala menjadi sangat kering, atau sebaliknya menjadi sangat berminyak.
Untuk mengatasinya, tak perlu ragu untuk mengganti shampo Anda. Coba cermati perubahan yang terjadi pada kulit kepala, lalu temukan shampo yang sesuai kebutuhan. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan Anda jika mengalami masalah rambut yang sangat menganggu.

Mengubah gaya rambut
Gejolak hormon yang terjadi di dalam tubuh tak jarang juga mempengarui emosi para wanita hamil. Seringkali timbul keinginan untuk mengubah model rambut secara ekstrem tapi kemudian menyesalinya.
Oleh karena itu, jangan melakukan perubahan besar pada penampilan secara spontan. Lakukan observasi dan survei di internet jika akan melakukan perubahan besar.
Jika Anda merasa terganggu dengan rambut yang panjang, cobalah biasakan untuk mengikat rambut Anda dengan rapi terlebih dahulu. Gaya rambut cepol, kepang atau ekor kuda bisa menjadi pilihan.
Jika tak membantu, Anda bisa berkonsultasi dengan penata rambut tentang model rambut yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan hingga menyesal kemudian.


Memilih produk perawatan rambut
Memang belum ada penelitian yang solid dan membuktikan bahwa produk perawatan rambut berpengaruh pada perkembangan janin. Namun untuk amannya, selalu lihat kandungan di dalam shampo pilihan Anda. Konsultasikan pada dokter atau tenaga kesehatan yang merawat Anda jika ragu.
Ada beberapa anggapan wanita hamil dilarang untuk mewarnai rambut. Anggapan ini muncul karena adanya zat kimia keras yang terdapat dalam zat pewarna, pengeriting, maupun pelurus rambut. Zat ini dikhawatirkan dapat terserap kulit dan membahayakan janin.
Belum ada penelitian yang benar-benar bisa membuktikan hal tersebut. Namun sebaiknya hindari perawatan-perawatan kecantikan yang mengandung zat kimia berbahaya jika tidak perlu.
American Pregnancy Association mengatakan zat kimia yang digunakan berbagai produk rambut berbeda-beda sehingga sulit untuk ditarik kesimpulan yang sama. Sedangkan menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) jumlah kimia yang terserap kulit saat mengecat rambut sangat sedikit. Tapi jika wanita hamil ingin melakukannya sebaiknya pilih waktu setelah masa rentan trimester pertama kehamilan.
Beberapa tips lainnya dari American Pregnancy Association adalah lakukan pewarnaan rambut pada tempat dengan ventilasi baik sehingga tidak terlalu banyak menghirup bahan kimia yang berisiko. Lakukan semua sesuai petunjuk dalam kemasan dan tidak membiarkan cat rambut mengendap terlalu lama dari yang disarankan.
Untuk keamanan kulit, gunakan sarung tangan dan hindari mewarnai alis yang juga bisa berisiko menyebabkan infeksi mata.


Enam Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Alat Pelurus Rambut
Alat pelurus rambut merupakan salah satu alat penata rambut yang praktis dan mudah digunakan. Apalagi kini alat tersebut sudah tersedia dalam berbagai variasi yang memudahkan seseorang untuk penggunaan di rumah. Tapi bukan berarti bisa memilih sembarang alat. Salah memilih, bisa jadi rambut Anda terancam rusak.

Alat catok yang Anda pilih wajib memiliki pengontrol panas. (iStockphoto)

Lapisan pemanas
Para penata rambut menyarankan untuk tidak memilih pencatok yang memiliki lapisan pemanas besi. Lapisan besi yang panas akan merusak lapisan rambut dengan seketika. Lebih baik pilihlah alat yang terbuat dari atau memiliki lapisan dari bahan keramik.
Keramik sangat mudah di panaskan (rata-rata hanya 30 detik). Namun saat digunakan, bahan keramik tak mentransfer seluruh panasnya ke rambut sekaligus. Fitur ini bisa membantu meminimalisasi kerusakan rambut.

Pengontrol panas
Alat catok yang Anda pilih wajib memiliki pengontrol panas. Fitur ini dapat memudahkan Anda untuk mengatur panas sesuai kebutuhan. Apalagi untuk Anda yang cukup sering menggunakan alat pelurus rambut. Pengaturan panas ini bisa membantu mengurangi kerusakan rambut karena panas yang berlebih.

Ukuran
Sesuaikan ukuran alat catok dengan rambut Anda. Semakin panjang rambut, maka sebaiknya ukuran area panas pada pelurus rambut pun semakin besar. Hal ini akan membuat proses penataan rambut Anda lebih mudah dan nyaman.
Memilih ukuran yang tidak tepat membuat proses pelurusan rambut menjadi tidak efektif dan berisiko menyebabkan luka akibat sentuhan benda panas pada bagian kulit.

Tombol mati otomatis
Sebisa mungkin pilih pelurus rambut yang memiliki tombol mati otomatis. Tombol ini sangat berguna karena bisa menghindari Anda dari kecelakaan fatal. Bisa saja sewaktu-waktu Anda lupa mematikan pelurus rambut saat sedang terburu-buru.
Jika ada tombol mati otomatis, alat pelurus Anda akan mati ketika panasnya sudah maksimal. Tak ada salahnya beriventasi lebih untuk keamanan lingkungan rumah Anda.

Panjang kabel
Panjang kabel juga menjadi pertimbangan penting saat memilih alat pelurus rambut. Panjang kabel dapat memudahkan Anda jika posisi colokan listrik jauh dari tempat rias. Jika tidak, pastikan membeli kabel tambahan yang terpisah sehingga proses pelurusan rambut tetap nyaman.

Garansi
Layaknya membeli alat elektronik yang lain, alat pelurus rambut pun perlu memiliki garansi. Pastikan Anda membeli pelurus rambut yang memiliki garansi asli dari distributor atau pabrik. Jika ada kerusakan, garansi akan sangat menghindari Anda dari kerugian lebih besar.

Cara Merawat Rambut Sehat1. BERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR
Agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga, usahakan minimal membersihkan rambut anak dua hari sekali. Sebaiknya, aktivitas mencuci rambut bagi anak tidak terlalu lama. Satu atau dua menit pun cukup. Setelah itu, dibilas hingga bersih. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit kepala. Rambut yang bersih juga membantu mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme agar tetap tumbuh dan berkembang secara normal. Kutu rambut pun tidak diberi kesempatan untuk hidup. Rambut wangi, bersih, dan segar.
Sedangkan pada bayi, keramas dapat dilakukan satu atau dua kali seminggu. Ingat, rambut bayi tidak terlalu kotor, selain tidak mengeluarkan banyak keringat. Rambut bayi juga tidak selebat rambut orang dewasa. Seminggu sekali bersihkan kulit kepalanya menggunakan baby oil lalu segera keramas.


2. PILIH SAMPO YANG TEPAT
Disarankan membeli sampo berkualitas baik yang mampu menghilangkan minyak, sisik kepala, dan membuat rambut si kecil jadi lebih lemas, gampang disisir, serta tidak mudah kusut. Ada banyak sampo pilihan buat anak. Sedangkan untuk bayi, pilihlah yang bahan aktifnya tidak mengiritasi mata dan tidak memicu alergi.


3 PILAH-PILIH SISIRGunakan sisir yang bergigi renggang atau sikat rambut yang tidak tajam. Sisiri rambut anak secara lembut. Bila tidak, salah-salah cara rambut si kecil malah rusak dan rontok. Jadikan acara menyisiri rambut ini sebagai ajang untuk menunjukkan kasih sayang dan menjalin kedekatan.
Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan mudah menyebabkan rambut rusak atau rontok. Hindari membeli sisir berbahan nilon karena berisiko menyebabkan rambut mudah patah. Meskipun terlihat gaya, sisir berbahan metal juga dapat merusak rambut. Jangan lupa, bersihkan sikat dari sisa rambut yang tersangkut. Cuci dengan air hangat hingga bersih. Untuk bayi, gunakan selalu sisir bayi yang lembut.


4. GUNTING RAMBUTGuntinglah rambut secara teratur. Selain untuk menjaga penampilan, rambut yang pendek juga memudahkan orangtua menjaga kebersihan rambut. Memotong rambut juga berguna agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, mudah patah, atau kering. Bahkan untuk bayi, orangtua bisa menggunduli anak dalam beberapa waktu tertentu. Selain rambut dan kulit kepala bayi mudah dibersihkan, rambut yang baru akan tumbuh lebih lebat dan hitam.


5. KONSUMSI MAKANAN BERGIZI
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya asupan protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan, berketombe, dan akhirnya rontok. Ingat, vitamin dan zat gizi berperan dalam menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Vitamin B kompleks, misalnya, jika asupannya kurang dapat menyebabkan rambut kusam, juga tumbuh suburnya ketombe. Sedangkan vitamin C dapat menjaga kekuatan akar rambut. Ingat akar rambut berperan dalam kesehatan rambut secara keseluruhan. Lewat akarlah, semua zat gizi diserap dan disalurkan ke rambut. Kurangnya zat besi juga berisiko menimbulkan kerontokan rambut. Zat belerang juga berperan dalam memberikan kilau pada rambut. Kandungan zat gizi ini dapat ditemukan pada ikan, telur, dan lain-lain. Sedangkan lemak berperan dalam menjaga kekuatan rambut, disamping kilau rambut.
Untuk bayi, sangat dianjurkan mengonsumsi ASI secara eksklusif. Ini karena ASI kaya kandungan gizi, tidak dapat tertandingi oleh susu formula atau nutrisi lainnya.


6. IKAT RAMBUT SAAT BEROLAHRAGA
Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun, aktivitas itu juga berpotensi merusak rambut. Jika rambut anak panjang, ikatlah dan jepit ke atas. Pastikan rambut itu tidak menghalangi gerakan dan pandangan anak. Penggunaan ikat kepala atau bando juga bisa menjadi solusi. Selain tampil lebih gaya, rambut anak pun lebih terjaga. Bila menggunakan penutup kepala atau bandana, pilihlah yang cepat menyerap keringat sehingga tidak menumpuk di kulit kepala. Ingat, endapan keringat yang mengering dapat merusak akar rambut.


7. JAUHI SINAR MATAHARI
Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat bepergian di tengah terik matahari, usahakan memakai topi atau payung. Usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari.


8. KENAKAN PENUTUP SAAT BERENANG
Saat berenang, kenakan penutup rambut setelah membasahi rambut seluruhnya. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin yang menempel pada rambut. Jika mungkin kenakan kondisioner tanpa bilas sebelum Anda masuk ke kolam.


9. HATI-HATI SAAT MENGERINGKAN
Mengeringkan dengan handuk bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Menggosok rambut basah dengan handuk membuat helai-helai rambut kusut dan mudah terjerat pada benang-benang di handuk, sehingga tertarik dan mudah putus, rusak pada kutikula, dan ujung rambut terbelah. Jadi, tepuk-tepuk saja rambut basah dengan handuk, lalu diurut sesuai arah pertumbuhan rambut. Memang cara ini agak makan waktu, tetapi berharga untuk rambut anak.

Cara Merawat Rambut Yang Benar
Rambut itu ibarat mahkota bagi wanita. Setiap wanita pasti ingin mempunyai rambut yang indah. Namun karena perawatan yang salah malah bisa mengakibatkan kerusakan rambut. Berbagai masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kaku, rambut kusut, rambut bercabang, serta beberapa masalah rambut lainnya bisa diatasi dengan cara merawat rambut yang benar.
Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat rambut yang benar berdasarkan jenis rambut kita :

1. Rambut berminyak
Gunakan shampoo dan conditioner yang ringan. Jangan menyisir rambut terlalu sering. Jangan pula memegang rambut terlalu sering karena akan membuat rambut jadi mudah kotor. Jenis sisir yang kita gunakan adalah sisir dengan gigi yang jarang. Hindari penggunaan sisir yang rapat ataupun sisir yang berbentuk sikat.

2. Rambut kering dan rusak
Gunakan conditioner yang mengandung pelembab. Hindari proses pewarnaan dan pengeritingan. Pada saat keramas, pijat dan gosok kulit kepala dengan lembut

3. Rambut kombinasi (kulit kepala berminyak tetapi kondisi ujung rambut kering)
Gunakan shampoo hanya kulit kepala dan conditioner hanya pada ujung rambut. Untuk menghindari ujung rambut bercabang, lakukan pengguntingan ujung rambut setiap 6 minggu. Selain itu, gunakan sisir bergigi jarang dan hindari sisir yang berbentuk sikat.

4. Rambut rontok
hindari menyisir terlalu keras serta jangan terlalu sering mencuci rambut

5. Rambut dengan ketombe
Gunakan shampoo anti ketombe sesering mungkin dan segera hentikan saat ketombe mulai berkurang. Hindari menggaruk kulit kepala untuk mencegah infeksi. Segera konsultasi ke dokter apabila setelah pemakaian shampoo anti ketombe dalam 2 minggu tidak ada perubahan atau bahkan kulit kepala malah terasa sakit, gatal, atau meradang
Selain melakukan perawat sesuai degan jenis rambut seperti diatas, kita juga harus menjaga asupan gizi makanan yang kita konsumsi. Selain itu bila kita merasa rambut kita kurang sehat, kita bisa memotong pendek rambut kita sambil melakukan perawatan sampai rambut kita pulih kembali.

Tips Perawatan Rambut Rontok
Banyak orang mengharapkan hasil yang super cepat dalam melakukan perawatan rambut rontok, padahal minimum waktu yang diperlukan untuk melakukannya adalah 3 bulan.
Masalah yang umum terjadi lainnya adalah pemilihan cara perawatan yang tidak sesuai dengan permasalahan yang dialami rambut. Tak jarang orang memilih membayar mahal untuk perawatan yang salah. Ada banyak tipe perawatan yang ada, tapi tidak semuanya cocok untuk kita. Kita bisa berkonsultasi pada salah seorang ahli untuk mendapatkan perawatan yang tepat untuk rambut kita. Masalah-masalah lain yang menyebabkan rambut rontok diantaranya adalah usia, masalah kesehatan, pola makan, dan kosmetik rambut.

Perubahan hormon adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan rambut rontok. Postpartum hair falling biasa dijumpai pada wanita pascamelahirkan. Perawatan dasar yang biasanya disarankan oleh para dokter adalah menggunakan obat-obatan perawatan rambut. Pasien biasanya mengambil pengobatan secara herbal dan medis. Sebagai suplemen pendamping vitamin B kompleks, zat-zat mineral dan asam lemak juga diberikan pada para pasien. Propecia adalah bahan utama dalam obat-obatan perawatan rambut rontok.
Perawatan secara herbal terdiri dari perawatan menggunakan masker, minyak, serum, dan sebagainya. Sejumlah produk perawatan rambut herbal dapat dijumpai di berbagai supermarket. Beberapa diantaranya telah terbukti mampu mengatasi masalah rambut rontok. perawatan rambut rontok mengandung dua hal penting, yang pertama menguatkan akar rambut dan mencegah lebih banyak rambut yang rontok, dan kedua untuk menumbuhkan rambut.

Rambut rontok yang dialami para pria biasanya disebabkan oleh dihydrotestosterone (DHT) yang menghambat pertumbuhan rambut yang pada akhirnya menyebabkan kebotakan. Wanita, sebaliknya, mengalami pengurangan jumlah rambut normalnya setelah mereka mengalami menopause. Metode operasi dapat dilakukan untuk menangani rambut rontok setelah cara obat-obatan dan herbal tidak mendapatkan hasil yang diinginkan. Beberapa orang memililih melakukan pengobatan laser dan transplantasi rambut untuk secara permanen mendapatkan rambut yang sehat dan tebal. Solusi terakhir yang biasa diambil adalah dengan kosmetik rambut seperti hair extension, rambut palsu, atau wig.
Berikut adalah beberapa sebab rambut rontok karena kebiasaan kurang baik yaitu:
  1. hot curling atau pun melakukan flat iron
  2. kebiasaan mengikat rambut dengan kencang
  3. terlalu sering mencuci rambut menyebabkan kadar minyak rambut menjadi berkurang dan membuat rambut menjadi mudah patah.
  4. keseringan mengeringkan rambut dengan hair dryer
  5. sisir yang tidak cocok atau sisir yang memiliki gerigi rapat yang bisa merusak rambut
Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena tubuh anda tidak sehat antara lain
  1. Anemia
  2. Obat-obatan tertentu Obat-obatan keras,seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut.
  3. Hypoatauhyperthyroidism
  4. Kekurangan kalori
  5. Stres
  6. keturunan
  7. umur
  8. hormon
  9. Trikotilomania
  10. Ganguan mental yang membuat seseorang untuk menjambak rambut sendiri sehingga mengalami rambut rontok yang parah
  11. Jamur dermatophytosis dan ketombe
  12. Rokok
Dari beberapa faktor alasan di atas, faktor umur dan keturunan tidak bisa dihindari karena ini adalah kodrat manusia. Dengan perkembangan teknologi, beberapa faktor diatas bisa diatasi dengan cepat tanpa merusak rambut terkecuali obat yang digunakan memang tidak cocok sehingga lebih dianjurkan menggunakan perawatan rambut yang terpercaya.

Berikut adalah tips perawatan rambut rontok dan cara menyuburkan rambut rontok :

Perawatan rambut rontok
Atur pola makan pilih makanan yang bernutrisi karena dapat meregenerasi sel sel kulit, seperti halnya sel kulit rambut. Beberapa makanan itu adalah sayuran hijau (bayam dan brokoli), lentil, kacang merah, telur, sereal gandum whole grain, tiram, skim milk dan yogurt juga pada wortel.
  • Hidup sehat
  • Terbebas dari stress
  • Hindari sinar matahari secara berlebihan
  • Sering pijat kepala Anda saat keramas
  • Gunakan produk-produk alami
Tips Perawatan Rambut Rontok
Cara Menyuburkan Rambut Rontok

Menggunakan teh basi 
Siram teh dengan air panas, kemudia air teh tersebut diembunkan selama 3 hari. Setelah 3 hari gunakan air tersebut debelum Anda mandi selama 20 menit. Kemudian bilas sampai bersih rambut Anda.

Menggunakan lidah buaya 
Dalam dunia kecantikan lidah buaya sudah banyak digunakan khususnya untuk perawatan rambut yang berupa creambath. Gunakan Lidah buaya sebelum mandi. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas hingga bersih.

Menggunakan perasan air wortel
Blender beberapa buah wortel kemudian pesar airnya dan tuangkan air wortel tersebut di kepala Anda dan pijat secara perlahan. Kemudian Bungkus kepala Anda dengan handuk dan diamkan selam 30 menit. Bilas hingga bersih.
Tips merawat rambut rontok ini kami dapatkan dari beberapa media online. Jika rambut anda masih bermasalah, segera hubungi dokter untuk mengatasi masalah rambut anda.

Cara Merawat Rambut Untuk Dewasa dan Anak � anak
Cara merawat rambut yang kami informasikan berikut ini cocok digunakan untuk wanita dewasa maupun anak � anak. Bila Anda salah satu wanita yang menginginkan rambut sehat dan berkilau cobalah untuk menerapkan tips berikut ini sampai selesai. Kalau bisa jangan sampai putus membacanya, telitilah dan bayangkan setiap tulisan yang kami buat. Dengan begitu Anda bisa memaknai setiap untaian kata dan barisan kalimat yang telah terbaca. Mungkin banyak tempat membaca lain yang sudah memberikan informasi seputar tips merawat rambut berketombe. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan pembaca sekalian karena bingung bagaimana cara merawat rambut yang benar.

Cara Merawat Rambut


1. Kebersihan rambut dan kulit kepala
Meski dalam kondisi sulit sekalipun usahakan tetap menjaga rambut tetap bersih sehingga kulit kepala tetap dapat memberikan nutrisi yang cukup pada akar rambut. Jangan terlalu sering dan jangan terlalu lama membiarkan rambut yang Anda kotor, sebisa mungkin usahakan minimal 2 hari sekali mencuci rambut dengan sampho yang cocok. Aktivitas yang padat menyebabkan keringat pada kulit kepala sehingga pori � pori tidak dapat menyerap udara dengan baik. Selain itu rambut yang bersih juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih fresh dan jauh dari stress.
Bila Anda mempunyai anak tak ada salahnya menerapkan cara diatas dengan mencuci rambut dua kali dalam seminggu. Terutama bagi anak � anak yang jarang keluar rumah, beraktivitas, atau keringetan maka tingkat kebersihan rambut lebih terjamin. Perlu adanya sampho khusus untuk mencuci rambut buah hati Anda.


2. Pemilihan Shampo
Jenis shampo yang tepat dapat mempengaruhi tingkat kesehatan rambut dan kulit kepala yang kita miliki. Semakin bagus kualitas sampho maka memberikan tingkat kebersihan pada rambut semakin tinggi. Sebisa mungkin hilangkanlah minyak, ketombe, dan kotoran debu dari rambut secara rutin. Shampo berkualitas belum tentu mahal, jadi pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit kepala. Jika sudah cocok menggunakan shapo tertentu jangan berganti lagi karena kulit kepala akan kesulitan lagi untuk menyesuaikan diri dengan bahan yang terkandung dalam shampo.
Khusus untuk cara merawat rambut si kecil gunakanlah shampo yang tidak pedih dimata atau hanya mengandung sedikit zat kimia. Banyak di toko khusus perlengkapan anak yang menjual shampo khusus ini. Selain itu, juga pilihlah shampo yang tidak menyebabkan alergi. Karena ada shampo tertentu yang memiliki tingkat alergi cukup tinggi.


3. Jenis Sisir
Bila rambut Anda mudah rontok gunakanlah sisir dengan gerigi renggang atau sikat rambut berjenis tumpul. Bahkan menurut pakar rambut, sisir merupakan salah satu biang keladi rusaknya rambut. Iklan di televisi pun sering membandingkan kualitas shampo dengan sisir yang dipakai. Sama halnya bila menyisir rambut Anak � anak gunakan sisir rambut secara perlahan dengan lembut karena bila terlalu kasar akan menyebabkan rambut si kecil rontok.


4. Pangkas Rambut Secara teratur
Memangkas rambut secara teratur selain dapat dijadikan style ternyata rambut yang memiliki ukuran cukup dapat membantu untuk mengurangi kerontokan rambut. Banyak yang mengatakan bila memotong rambut sejak kecil secara teratur bisa memperkuat akar rambut. Rambut memiliki massa, bila akarnya tidak kuat akan mengakibatkan rambut jebol dari akarnya. Bila pada anak, ketika masih balita lebih sering di cukur gundul agar kulit kepala bayi lebih mudah diberishkan dan tumbuh rambut baru yang lebih kuat, lebat serta lebih hitam berkilau.


5. Perawatan Dari Dalam
Perawat rambut yang bisa kita lakukan bukan hanya dari luar melainkan juga dari dalam. Bahkan, faktor utama kerontokan rambut bisa disebabkan karena asupan nutrisi yang dikonsumsi tidak seimbang. Sama seperti tanaman yang membutuhkan air dan pupuk, rambut juga membutuhkan pupuk dalam bentuk nutrisi yang kita makan setiap hari. Kurangnya vitamin dan protein berpotensi menyebabkan akar rambut menjadi lemah tak berdaya menahan rambut tetap menancap di kulit kepala. Zat gizi yang kita konsumsi dapat menunjang kekuatan dan kesehatan rambut. Misalnya bila kita kekurangan Vitamin B komplek akan menyebabkan rambut kusam dan mudah berketombe. Sedangkan jika kekurangan vitamin C menyebabkan akar rambut menjadi rapuh.
Sama halnya bila kita jarang makan sayuran berjenis kacang � kacangan dapat beresiko kekurangan zat besi, selain anemia juga dapat mengakibatkan rambut mudah rontok. Bila ingin rambut berkilau makanlah makanan seperti iklan, telur, sayuran dan buah � buahan secara teratur. Bila pada bayi usahakan tetap menjaga agar mengkonsumsi ASI secara ekslusif.


6. Cara Merawat Rambut
Bila anda gemar berolah raga sebaiknya ikat rambut atau gunakan penutup kepala agar rambut tidak terombang ambing dan terkena debu. Hindari paparan sinar matahari langsung yang menganai rambut, untuk yang satu ini tak perlu dijelaskan tentu semua sudah tahu bila panas yang berlebih dapat menyebabkan rambut kering dan kusam. Itulah 6 cara ampuh yang bisa kita andalkan sebagai cara merawat rambut.

META TAG
Cara merawat rambut. Tips merawat rambut. Cara perawatan rambut. Tips perawatan rambut. Cara memperindah rambut. Cara mengatasi rambut rontok dan kering. Cara merawat rambut dengan baik. Conditioner rambut. Cara merawat rambut yang benar. Cara menyisir rambut yang benar. Cara menjaga rambut. Cara mengatasi rambut bercabang. Cara merawat rambut berminyak. Cara merawat rambut yang baik. Tips menjaga rambut. Cara mempercantik rambut. Conditioner yang bagus. Cara mengatasi rambut kering dan bercabang. Perawatan rambut kering dan bercabang. Cara ngerawat rambut. Cara merawat rambut dengan benar. Video cara merawat rambut. Conditioner untuk rambut kering. Cara memakai conditioner. Cara merawat rambut rontok dan kering. Mengatasi rambut kaku. Tips memperindah rambut. Tip merawat rambut. Resep merawat rambut. Cara memelihara rambut. Cara mengatasi rambut kusut. Cara merawat rambut kaku. Cara mengatasi rambut kaku. Menjaga rambut. Cara untuk merawat rambut. Definisi rambut. Pengertian perawatan rambut. Cara mengatasi rambut bercabang dan kering. Cara merawat rambut yang baik dan benar. Perawatan rambut yang benar. Cara menggunakan conditioner. Cara menyisir rambut. Perawatan rambut yang baik. Cara merawat rambut bercabang. Rambut kaku. Ujung rambut kering. Cara merawat rambut bercabang dan rontok. Cara merawat rambut kering dan bercabang. Tips untuk merawat rambut. Merawat rambut. Memperindah rambut. Cara mengatasi rambut kering dan kaku. Cara memakai conditioner yang benar. Cara merawat rambut bercabang dan kering. Tips tips merawat rambut. Cara pakai conditioner rambut. Cara merawat rambut kering. Cara merawat rambut kusut. Shampoo untuk rambut bercabang. Cara shampoo rambut. Perawatan rambut kaku. Conditioner rambut kering. Merawat rambut yang benar. Cara mengatasi rambut kering dan rontok. Cara pakai conditioner. Cara merawat rambut wanita. Cara perawatan rambut yang benar. Caramerawat rambut. Cara merawat rambut kering dan kaku. Conditioner rambut rontok. Cara mengurus rambut. Cara merawat rambut kepala. Bagaimana cara merawat rambut yang baik. Cara menggunakan conditioner yang benar. Cara merawat rambut yg benar. Conditioner yang bagus untuk rambut kering. Langkah langkah merawat rambut. Conditioner untuk rambut rontok. Mengatasi kulit kepala berminyak. Perawatan rambut bercabang. Mengatasi rambut kering dan kaku. Tips merawat rambut yang benar. Bagaimana cara merawat rambut. Mengurus rambut. Cara mengatasi rambut rontok dan bercabang. Rambut berminyak dan rontok. Video perawatan rambut. Cara membersihkan rambut. Merawat rambut kaku. Mengatasi rambut berminyak dan rontok. Perawatan rambut kering dan kaku. Cara menyisir rambut dengan benar. Mengatasi rambut bercabang dan kering. Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok. Tips merwat rambut. Tips merawat rambut berminyak. Perawatan rambut bercabang dan kering. Tips merawat rambut bercabang. Perawatan rambut yang baik dan benar.


Salam,

Dwi Hartoyo, SP
REFERENSI
1. http://id.she.yahoo.com/6-larangan-dalam-merawat-rambut.htm
2. http://id.she.yahoo.com/trik-menyisir-rambut-yang-tepat.html
3. http://id.she.yahoo.com/kiat-perawatan-rambut-saat-hamil.html
4. http://id.she.yahoo.com/6-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat-membeli-alat-pelurus-rambut.html
5. http://sakinaidaman.com/berita/9-cara-merawat-rambut-sehat
6.http://www.metris-community.com/cara-merawat-rambut-tips-perawatan-rambut/
7.http://carapedia.com/Merawat_Rambut_Benar_info174.html
8. http://tipsperawatan.com/tips-perawatan-rambut-rontok.html
9. http://www.goresep.com/cara-merawat-rambut/