Saturday, December 29, 2012

Hipnoterapi Jakarta - Loh...diHYPNOSIS kok Malah SADAR.....?!

Tentunya saya Yakin Banyak dari Praktisi Hypnosis pernah MENEMUI seseorang yang Mengatakan”Saya tidak Bisa di Hypnosis saya Sulit di Hypnosis..!”(Dengan Nada KERAS dan YAKIN) Dan tidak sedikit para praktisi hypnosis justru malah terHypnosis oleh Belief orang tersebut, atau malah menjadi meyakini seseorang itu tidak Bisa Trance (Berada pada kondisi Hypnosis).

Ditambah lagi ketika Hypnotist mempraktekan Hypnosisinya dan ternyata orang yang dibawa kekondisi Hypnosis di tengah jalan mengatakan”Saya Tidak Bisa.... saya tidak masuk.”tidak sedikit orang yang baru belajar hypnosis menyimpulkan”Aduh saya Gagal...!”.

Saya teringat sebuah cerita dari teman saya yang berprofesi sebagai Guru (kepala Sekolah) di sebuah SMA, suatu hari ketika sedang istirahat teman saya memanggil salah seorang Penjaga Sekolah yang sudah cukup lama bekerja katakanlah Pak S.”Pak S Coba ambilkan saya Kardus yang ada di ruang Laborat....”(ujar teman saya dengan nada memerintah).

Pak S   :“Ruang Laborat....??”(Sembari mengerutkan dahi Pak S Bertanya)

Kepala Sekolah :”Iya Ruang Laborat...!Kamu Setiap hari masuk ke ruang itu, Kan...?!Masuk dan ambil kardusnya...(Dengan Nada yang agak keras)

Pak S  : “Say belum pernah masuk ke ruang tersebut Pak...”

Kepala Sekolah :”Ayo sini ikut Saya.....!Nah ini adalah Ruang Laborat...!(Sembari menarik lengan Pak S Kepala sekolah mengajak ke salah satu ruangan yang ada di pojok sekolah)  

Pak S  :”BUkankah ini Ruang Praktek siswa/siswi Pak...?!(Dengan Nada Keras dan Yakin)  

Kepala Sekolah :”Hmm....ya..inilah ruang Laborat Ruang untuk praktek siswa/siswi Pak.....”(Sembari tersenyum menjelaskan kepada Pak S)

Loh terus apa hubungannya antara cerita tersebut dengan orang yang mengaku tidak bisa di hypnosis...?hmmm....kita tahu bahwa pada dasarnya setiap orang sering mengalami fenomena hypnosis minimal dalam sehari ketika hendak tidur dan bangun tidur belum termasuk ketika berkendaraan, bermain Games, menenton TV,membaca buku, ketika beribadah dan masih banyak sekali, hypnosis adalah hal yang alamiah yang di alami oeh orang-orang yang normal itu terjadi setiap hari, bukan...?tentunya kita tidak heran seharusnya, ketika mereka tidak Menyadari bahwa pada dasarnya mereka sering berada pada kondisi hypnosis, ya..karena merka tidak belajar keilmuan hypnosis tentunya.

Justru yang Aneh adalah ketika sudah belajar hypnosis justru malah terhypnosis oleh Belief orang yang tidak belajar hypnosis,bukan...?he2x...malah terkadang Bingung ketika orang yang di bawa ke kondisi hypnosis merasa tidak masuk ke kondisi hypnosis (yang memiliki anggapan ketika diHypnosis dirinya tidak sadara).

Dan alih-alih ingin menunjukan Bisa menghypnosis, justru tidak sedikit malah semakin menyesatkan  pemahaman masyarakat mengenai hypnosis dengan berbagai permainan yang dilakukan sehingga justru menghasilkan sebuah respon ketakutan dan resisten terhadap fenomena hypnosis yang dilakukan secara formal.

Pada akhirnya tugas kita sebagai praktisi hypnosis pada dasarnya adalah membantu mereka untuk Menyadari kondisi hypnosis dengan memanfaatkan setiap sumber daya yang dimiliki baik ketika Memunculkan kondisi hypnosis (Trance) ataupun ketika melakukan sesi therapy, sehingga yang muncul adalah Kesadaran Bukan keTidakSadaran tentunya.

By : Fadli Nur Haq