Friday, June 28, 2013

Hipnoterapi Jakarta - Fakta Menarik Tentang Matahari

Disadari atau tidak matahari memiliki perangan yang penting bagi kehidupan di Bumi. Adanya matahari bumi bisa terang di saat siang hari, sinar matahari membantu proses tumbuh dari tumbuhan, adanya sinar matahari ada angin, adanya matahari juga bisa terjadi musim dan masih banyak yang lainnya. Matahari adalah salah satu dari jutaan bahkan milyaran sumber cahaya di jagad raya. Di Galaksi Bimasakti matahari adalah pusat tata surya. Matahari adalah sumber energi yang bisa habis suatu saat nanti, karena matahari adalah semacam nuklir yang maha dasyat. Energinya suatu saat dan masa tertentu bisa habis, tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Untuk memahami tentang matahari pada artikel ini kami akan mengulas tentang fakta menarik dari matahari. Fakta tersebut adalah :


nasa.gov

1. Matahari adalah salah satu sumber cahaya dan energi di tata surya.
Ada sekitar 200 miliar bintang yang bertebaran di Galaksi Bima sakti ( Milky Way ), matahari hanyalah salah satu. Dan di Jagad raya ( alam semesta ) terdapat milyaran galaksi. Bisa dibayangkan betapa luasnya alam semesta.

2. Energi Matahari sangat besar diterima Bumi.
Bumi menerima energi matahari sangat besar sekali, diperkirakan bumi menerima energi dari matahari sekitar 94 millyar Megawatt, jumlah ini setara dengan 40 ribu kali energi yang menghidupkan negara Amerika Serikat.

3. Material yang dilepaskan matahari sangat besar
Dalam waktu satu detik saja matahari telah melepaskan material sekitar lima juta ton. Material tersebut termasuk hidrogen dan helium.

4. Suhu matahari sangat panas
Temperatur atau suhu inti dari matahari diperkirakan mencapai 14 juta kelvin atau sekitar 13 juta derajat celsius. Bisa anda bayangkan panas yang luar biasa tersebut, padahal di alam semesta terdapat bintang yang terangnya jauh lebih terang dari matahari, sehingga tentu saja suhunya akan jauh lebih panas lagi. Kira kira suhu panas matahari tersebut setara apa tidak ya dengan suhu neraka ?

5. Butuh waktu lama bagi energi sampai ke permukaan matahari.
Energi yang dihasilkan dari inti matahari agar sampai di permukaan membutuhkan waktu sekitar 50 juta tahun. Misalnya saat ini inti matahari berhenti memproduksi energi-nya maka dampak terhadap berhentinya energi matahari tersebut sekitar lebih dari 50 juta tahun lagi.

6. Diameter yang dimiliki oleh matahari sekitar 109 kali diameter bumi.

7. Perbandingan ukuran matahari terhadap planet di Galaksi Bimasakti adalah jika ukuran matahari sebesar bola pantai maka planet Jupiter seukuran bola Golf dan ukuran bumi sebesar biji kacang. Dan di alam semesta terdapat bintang yang ukurannya jauh lebih besar dari matahari. Jika matahari di ibaratkan sebesar bola kelereng maka ada bintang yang memiliki ukuran sebesar bola basket.

8. Seluruh permukaan matahari adalah gas. dengan kata lain tidak ada permukaan padat di matahari.

9. Butuh waktu sekitar 8,3 menit cahaya yang dilemparkan dari matahari untuk sampai ke bumi. Dengan kata lain perubahan di permukaan matahari yang tampak dari bumi itu telah terjadi sekitar 8.3 menit sebelumnya.

10. Kecepatan rotasi matahari atau velocity sekitar 383 mil per detik. Bisa dibayangkan betapa cepatnya rotasi matahari.

11. Cahaya matahari untuk sampai ke Pluto butuh waktu sekitar 5,5 jam. Hal ini sama dengan No 9 jika pengamatan terhadap matahari dari Pluto maka pengamatan tersebut telah terjadi di permukaan matahari sekitar 5.5 jam yang lalu.

12. Waktu yang diperlukan matahari untuk berotasi atau berputar pada porosnya dan kembali ke titik semula membutuhkan 25,38 hari waktu bumi. Bumi berputar pada porosnya selama 24 jam.

13. Waktu yang diperlukan bagi matahari dan planet planet di galaksi Bima Sakti untuk berputar pada poros ( pusat galaksi ) membutuhkan waktu 240 juta tahun sekali.

Sumber:
viva

www.htysite.com