Tuesday, May 7, 2013

Hipnoterapi Jakarta - Penemuan Planet Alien Paling Mirip Bumi oleh Teleskop Kepler.


NASA - Ilustrasi planet Kepler 62f dengan planet Kepler 62e ). Obyek berwarna kuning adalah bintang Kepler 62.

Para ilmuwan menemukan planet planet yang mirip dengan bumi, untuk melakukan pengamatan dan akhirnya menemukan planet planet mirip bumi dengan menggunakan teleskop Kepler milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat.

Dalam jurnal Science pada hari Kamis, 18-04-2013 telah mempulikasikan planet planet yang mirip dengan bumi. Para ilmuwan menemukan dua planet yang mengorbit bintang yang diberi nama Kepler 62 yang terletak pada zona layak huni dimana letak planet ini tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Diduga terdapat air.

William Borucki, pemimpin misi investigasi Kepler dari Ames Research Center, NASA mengatakan bahwa kedua planet tersebut adalah kandidat planet yang paling layak huni. Menurutnya ukuran kedua planet tersebut sedikit lebih besar dari Bumi dan beberapa miliar tahun lebih tua dari bumi.

Planet pertama diberi nama Kepler 62e; planet ini memiliki ukuran 40 % lebih besar dari ukuran bumi dan mengorbit bintangnya selama 122 hari; dan Planet ke dua yang menjadi kandidat layak huni adalah Kepler 62f dengan ukuran 60 % lebih besar dan mengorbit bintangnya selama 267 hari. Kedua planet tersebut mengorbit bintang yang memiliki usia 7 miliar tahun pada jarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi pada konstelasi Lyra. Pada kedua planet tersebut diduga terdapat air berbentuk cair dan suhunya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

Para ilmuwan masih belum mengetahui tentang permukaan dari kedua planet tersebut ? apa banyak batu atau dipenuhi air. Namun para ilmuwan beranggapan bahwa planet tersebut memiliki material dalam bentuk padatan dan memiliki cairan yang jumlahnya signifikan.

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Justin Crepp, asisten profesor fisika dari University of Notre Dame seperti dikutip AFP, dia mengatakan bahwa kedua planet tersebut adalah obyek yang paling mirip dengan bumi. Creepp mendeteksi keberadaan bintang Kepler 62 pada tahun 2012, dan melakukan penelitian terhadap planet yang mengelilinginya dengan menggunakan metode transit yaitu dengan mengamati keredupan cahaya bintang akibat adanya planet yang melintasi di depannya. Dia juga menjelaskan walaupun planet Kepler 62e dan Kepler 62f adalah planet yang paling mirip dengan bumi tetapi masih belum diketahui apakah kedua planet tersebut dapat di huni oleh manusia.

Selain planet Kepler 62e dan Kepler 62f yang mirip dengan planet bumi juga terdapat planet lainnya yang juga mirip dengan bumi yaitu planet Kepler 69c. Seperti yang disampaikan oleh Thomas Barclay dari Bay Area Environmental Research Institute di California juga mengatakan bahwa planet Kepler 9c mirip seperti Venus. Temuan planet Kepler 69c juga dipulikasikan pada Astrophysical Journal pada hari Kamis, 18 April 2013. Letak Kepler 69 pada 2.700 tahun cahaya dari Bumi pada konstelasi Cygnus.

Dengan penemuan tersebut menambah jumlah planet yang ditemukan oleh Teleskop Kepler yaitu tercatat sekitar 2.700 kandidat dan planet yang telah berhasil ditemukan. Pada tahun 2011 teleskop Kepler juga menemukan dua planet yang diduga juga layak huni yang diberi nama Nepler 22b dan Kepler 47c. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa misi utama teleskop Kepler yang diluncurkan tahun 2009 adalah mencari planet yang mirip bumi yang dapat menjadi calon tempat tinggal baru bagi manusia.

Sumber :

AFP
http://sains.kompas.com/read/2013/04/19/10265222/Inilah.Planet.Alien.Paling.Mirip.Bumi