Wednesday, May 22, 2013

Hipnoterapi Jakarta - TEMPAT UJI COBA NUKLIR di Dunia


Tahukah anda bagaimana dan dimana letak dari uji coba oleh negara negara pemilik nuklir ? tentu saja tempat uji coba nuklir adalah tempat terpencil yang jauh dari area pemukiman. Bahkan lokasinya sebia mungking bebas dari kehidupan ( flora mapun fauna ).

Tetapi sebuah data membuktikan bahwa para prajurit dan penduduk yang berada di sekitar kawasan uji coba nuklir telah menderita berbagai penyakit yang diduga karena dampak dari radiasi nuklir. Tidak hanya manusia tetapi dampak pada flora dan fauna juga terjadi. Walaupun sudah mengetahui dampak dari uji coba nuklir yang berbahaya tetapi negara negara besar pemilik Nuklir tetap saja mempertahankan fasilitas nuklirnya. Pada postingan kali ini kami akan memberikan informasi tempat tempat uji coba nuklir di dunia oleh negara negara pemilik nuklier.

1.Nevada

Gurun Nevada yang berjarak 107 Km sebelah utara Las Vegas merupakan area uji coba nuklir yang paling sering dipakai di bumi sejak 1951 sampai 1992. Kawasan gurun yang luasnya sekitar 3.500 km persegi ini setidaknya sudah lebih dari 800 ledakan nuklir di uji coba; umumnya diledakkan di bawah tanah.

Bahkan ledakan nuklir tersebut menjadi daya tarik dan wisata bagi para wisatawan di kota judi Las Vegas. Foto dan film yang beredar tentang ledakan nuklir diambil dari gurun Nevada.

Sehubungan dengan tingkat penyebaran dan efek dari radiasi nuklir yang mulai menyebar membuat pemerintah Amerika Serikat benar benar mencoba untuk mengantisipasi dampak yang bisa terjadi. Lebih lebih berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penyakit kanker darah di kawasan Nevada menjadi dua kali lipat dibanding wilayah lain di Amerika Serikat. Pada tahun 2009 yang lalu kawasan Nevada telah dinyatakan sebagai kawasan yang paling terkontaminasi radioaktif ke-2 setelah Chernobyl

2.Bikini Atoll

Selain di Nevada, tempat uji coba nuklir yang juga terkenal di Amerika Serikat adalah di kepulauan Marshall di Pasifik barat laut, tepatnya di Bikini Atoll. Tempat ini telah menjadi tempat untuk uji coba nuklir sejak 1945 sebagai pengganti uji coba Nuklir di Trinity - New Mexico.

Uji coba nuklir pertama di tempat ini terjadi pada 1 Juli 1946 dengan menggunakan 250 kapal perang yang telah usang sebagai target uji coba. Pada awalnya tempat ini hanya digunakan untuk sementara, sehingga pemerintah melakukan pemindahan penduduk asli ke pulau terdekat dengan jaminan mereka akan dikembalikan dalam kurun waktu 3 bulan tetapi kenyataannya sampai tahun 1957 mereka kembali dan harus pergi kembali karena banyak terkena penyakit akibat radiasi. Efek lain yang terjadi adalah ikan hidup di kawasan tersebut terkontaminasi radiasi nuklir sehingga tidak aman untuk dikonsumsi. Tahun 2010 telah menetapkan Bikini Atoll sebagai situs warisan dunia..

3.Kirimati

Kirimati dahulu kala dikenal dengan pulau Christmas yang terletak di pulau atol bagian Republik Kiribati. Tempat uji coba nuklir ini unik karena tempat ini dipakai oleh dua negara untuk uji coba nuklirnya yaitu Inggris dan Amerika Serikat. Inggris memanfaatkan fasilitas ini pada tahun 1957, kemudian tahun 1962 diambil alih oleh Amerika Serikat. Amerika setidaknya telah meledakkan sekitar 22 nuklir kemudian pada tahun 1969 pulau Kiritmati di tinggalkan.

4.Maralinga

Uji coba nuklir Maralinga berada di Australia, tetapi punya negara Inggris. Di kawasan Australia terdapat dua kawasan sebagai tempat uji coba nuklir yaitu di Maralinga dan Emu Field. Setidaknya ada 2 kali uji coba nuklir yang dilakukan di Emu Field pada tahun 1953 sebelum dipindahkan ke lokasi yang permanen di Maralinga.

Uji coba selanjutnya pada tahun 1956 dan 1957 yaitu dengan menjatuhkan sebuah bom nuklir dari pesawat RAF. Uji coba dilanjutkan sampai tahun 1963 dan upaya bersih bersih dilakukan sampai tahun 1967, tetapi tetap saja situs tersebut berbahaya kerena radioaktif.

Penduduk Aborigin yang tinggal di tempat tersebut sempat diusir, tetapi akhirnya mereka tetap kembali. Pada tahun 1980-an, prajurit Australia dan Inggris, serta warga Aborigin menunjukkan gejala radiasi. Hasilnya, baik Inggris dan Australia harus membayar kompensasi besar-besaran untuk prajurit mereka dan orang Aborigin yang terkena radiasi.

5.Semipalatinsk

uji coba nuklir

Daerah Semipalatinsk di Republik Kazakhstan semasa masih bergabung dengan Uni Soviet merupakan tempat uji coba nuklir. Setidaknya di kawasan tersebut telah terjadi ledakan nuklir sebanyak 465 ledakan antara 1949 sampai 1981. Dampak kegiatan tersebut saat ini pemerintah Repulik Kazakhstan harus berupaya menghadapi masalah kesehatan serius bagi masyarakatnya di sekitar Semipalatinsk. Setidaknya sekitar 220.000 penduduk melaporkan masalah kanker.

6. Novaya Zemlya

Kawasan uni Soviet di kawasan kutub utara merupakan tempat uji coba nuklir (nuclear test site) yaitu kawasan Novaya Zemlya. Pulau terpencil Novaya Zemlya telah menjadi kawasan uji coba nuklir sejak 1954 -1990. Uji coba nuklir seberat 100 megaton pernah dilakukan di kawasan ini.

7. Mururoa

Perancis pada tahun 60-an juga pernah melakukan uji coba nuklir di Mururoa dan Fangataufa yaitu suatu kawasan di Pasifik yang menjadi milik Perancis. Negara Perancis juga pernah mejadi negara yang memiliki masalah sehubungan dengan kepemilikan senjata nuklir. Setidaknya sejak 1966 sampai 1996 di kawasan Mururoa maupun Fangataufa telah dilakukan 147 kali uji coba nuklir.

Yang menjadi persoalan bagi Perancis adalah letak kedua pulau itu dekat dengan Selandia Baru yang telah mencanangkan kebijakan zona bebas nuklir. Hal ini menyebabkan memburuknya hubungan bilateral antara Perancis dan Selandia Baru, dengan beberapa kali terjadi insiden dengan pengiriman armada laut sebagai protes adanya uji coba nuklir; dan agen rahasia Perancis yang pernah meledakkan kapal Greenpeace di pelabuhan Auckland pada tahun 1985.

8. Lop Nur

China juga berlomba lomba melakukan uji coba nuklir; tempat uji coba tersebut berada di Bayingolin - Mongol. Uji coba ini dimulai setidaknya pada bulan Oktober 1964 dan sejak saat itu setidaknya telah dilakukan uji coba nuklir sebanyak 44 test yang terdiri dari 22 ledakan nuklir di udara ( atmosfer ) dan 22 ledakan di bawah tanah. Uji coba tersebut akhirnya berhenti sejak tahun 1996.

Masalah utamanya adalah kawasan uji coba nuklir tersebut sangat dekat dengan lokasi situs mumi Tarim yaitu sebuah peninggalan kuno pada jaman 1800 SM.

9. Pokhran

Negara India juga pernah menjalankan program nuklir sebagai reaksi dari terjadinya perang perbatasan dengan China dan beberapa kali terjadi konfrontasi dengan Pakistan. Letak uji coba nuklir negara India berada di Rajasthan - Pokhran yang dimulai di uji coba sejak 1960.

Walaupun pemerintah India telah menyatakan bahwa kawasan Rajasthan - Pokhran adalah sebuah gurun yang terpencil, tetapi faktanya kawasan uji coba tersebut dekat pemukiman. Setidaknya ada sebuah kota yang dihuni oleh 15.000 jiwa saat test uji coba nuklir di lakukan setidaknya pada bulan September 1974. Bukti bukti penduduk Pokhran terkena dampak radiasi Nuklir akibat uji coba di kawasan tersebut telah dirahasiakan oleh pemerintah India.

10. Koh Kambaran

Pakistan ternyata juga memiliki kawasan uji coba nuklir yaitu di kawasan Koh kambaran sejak awal 1976. Koh Kambaran berada di Propinsi Baluchistan, kawasan pegunungan ini di pilih karena dibawahnya terdapat granit yang dapat menjaga dan melindungi efek ledakan dengan udara terbuka diatasnya.
Negara Pakistan setidaknya sejak awal 1983 telah memiliki kemampuan persenjataan Nuklir. Uji coba pertama kali di kawasan tersebut dilakukan pada bulan Mei 1998.

sumber
http://www.didunia.net/2013/04/inilah-10-tempat-uji-coba-nuklir-di.html
www.htysite.com