Thursday, May 23, 2013

Hipnoterapi Jakarta - Suhu Lapisan Dalam Bumi Setara Permukaan Matahari


Science Daily

Berdasarkan pengukuran suhu kerak bumi menunjukkan bahwa suhu kerak bumi sebesar 6.000 derajat celsius. Yang berarti 1.000 derajat celsius lebih panas dari perkiraan semula. Suhu sebesar 6.000 derajat celsius tersebut setara dengan suhu permukaan matahari.

Hasil pengukuran mengejutkan tersebut dilakukan oleh penelitian dari ilmuwan Ilmu Pengetahuan Perancis ( CNRS ) dan beberapa lembaga lainnya yang dilakukan pada perbatasan bagian dalam dan luar bumi dengan pengukuran titik leleh besi. Awalnya penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui proses terbentuknya medan magnet bumi. Agar bisa terbentuk medan magnet yang kuat dibutuhkan perbedaan suhu sebesar 1.500 derajat celsius antara lapisan dalam dan lapisan luar.

Penelitian ini merupakan penelitian ulang dari penelitian sebelumnya yang tidak bisa memberika perbedaan suhu yang signifikan.

Pengukuran titik leleh besi dalam penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan sifat difraksi (penyebaran) sinar X. Saat sinar X menumbuk besi, maka akan ada "tanda" bahwa besi tersebut dipanaskan. Dari pengukuran tersebut, seperti diberitakan Livescience, Jumat (26/4/2013), didapatkan hasil bahwa titik leleh besi adalah 4.800 derajat celsius, dengan tekanan 2,2 juta kali lebih besar dari tekanan di atas permukaan laut Bumi.

Dengan rumusan tersebut diatas diperkirakan suhu lapisan dalam dan luar bumi sebesar 6.000 derajat celsius. Hasil penelitian tersebut di publikasikan oleh jurnal Science pada Kamis (25/4/2013). Penelitian ini akan dimanfaatkan oleh seismolog dalam memperkirakan gerakan lempeng bumi.


Sumber :

http://www.livescience.com/

http://sains.kompas.com/read/2013/04/29/08074092/Suhu.Lapisan.Dalam.Bumi.Setara.Permukaan.Matahari