Tuesday, September 15, 2015

Hipnoterapi Jakarta - 7 Teknis Praktis Meningkatkan Potensi Diri

Seminggu yang lalu owner SMB Management melakukan talkshow di radio rugeri (93,4 fm) dan tema yang dibawakannya adalah "7 Teknis Praktis Meningkatkan Potensi Diri" Nah buat kalian yang belum sempat mendengarkannya tenang saja karena saya telah merangkumnya di artikel ini.

Sering kali kita orang-orang yang sudah dewasa atau katakanlah saat usia sudah menginjak 17 tahun (bisa juga saat di bawah 17 tahun) kita bertanya-tanya pada diri sendiri "sebenarnya apa potensi yang kita miliki?"
Potensi adalah sesuatu yang ada dalam diri kita yang bisa jadi belum berkembang atau belum tergali. Artinya suatu kemampuan, kekuatan yang ada dalam diri kita tapi belum berkembang dengan baik. Menggali potensi bisa dilakukan oleh siapapun atau oleh mereka yang sudah bisa diajak untuk mengeksplor potensi itu sendiri.
 
Ada seorang karyawan yang merasa bahwa dirinya tidak ada passion dalam pekerjaannya saat itu atau tidak menjiwai pekerjaan tersebut. Ada juga orang yang sudah berwirausaha tapi merasakan tidak ada perkembangan yang signifikan atau mereka yang berada diposisi apapun saat ini merasa "hambar" di area tersebut. Ini semua menjadi sebuah pertanyaan kepada diri sendiri "apakah benar potensi kita berada di wilayah ini?
 
Kita telah diciptakan secara lengkap sebagai makhluk yang sempurna oleh Allah. Jika kita tidak mengoptimalkan potensi yang ada bisa jadi kita termasuk orang yang kurang bersyukur atas potensi yang telah Allah berikan. Lho apa hubungannya?
 
Ini semua karena kita telah dirancang oleh Allah untuk menjadi Khalifah dimuka bumi ini berarti kita telah dirancang untuk sukses tentunya dengan potensi yang telah Allah berikan. Jadi bagaimana kita mengetahui potensi dalam diri? Sebenarnya tidak usah dicari karena itu semua sudah ada dalam potensi itu sendiri. Ada yang pernah mendengar cerita tentang Abu Nawas yang kehilangan sesuatu di dalam rumahnya tapi ia malh mencari-cari diluar rumah. Nah seperti itulah kita mencari-cari sesuatu (potensi) yang sebenarnya telah ada pada diri kita. Coba kalian jawab ada berapa huruf dalam kata P O T E N S I? Saya yakin kalian akan menjawab 7, dan yap jawaban kalian benar dan tambahan pula 7 teknis praktis meningkatkan potensi diri yang akan kita bahas berasal dari 7 huruf yang merangkai kata POTENSI
 
Jadi apa saja teknis-teknis praktis tersebut?
 
P : Pelajari, pahami, petakan sesuatu yang menurut kita passionkita.
Setiap orang mempunyai kecenderungan yang berbeda-beda. Misalnya ada seseorang yang ketika dia memikirkan makanan meskipun hanya selintas tapi hal itu langsung terjadi, makanan itu langsung di dapatnya. Bisa jadikan orang itu punya potensi dalam bidang kuliner. Ada juga orang yang dengan mudahnya bias menarik orang lain, bias membuat orang lain nyaman dengan dirinya, membuat orang lain bias terbuka tentang masalah atau apapun hal pribadinya. Bisa jadi potensi orang itu sebagai psikolog atau terapis. Bisa juga semuanya berawal dari hobi. Yah saya yakin setiap orang memiliki hobi masing-masing yang jika dikembangkan kita akan menyadari bahwa disanalah potensi kita. Contohnya saja bisa di baca di artikel Guru Memasak Terbaik Sepanjang Masa 
 
O : Olah, organize mengolah potensi
Ketika kita sudah tau apa hobi kita, apa yang telah menjadi passion kita maka tinggal masuk ke tema yang sesuai dengan hobi kita tersebut.
 
T :  Tetapkan, terapkan dalam keseharian kita.
Jika saat ini kita sedang bekerja disuatu perusahaan atau instansi apapun dan kita juga ingin membuka usaha sendiri, maka kerjakan saja, buka usaha yang kita inginkan. Pintar-pintarlah dalam membagi waktu. Yang penting tetap salurkan apa yang Anda anggap passion Anda.
 
Anda pernah melarang seorang anak kecil saat melakukan sesuatu, misalnya saat anak kita disuruh belajar tapi dia malah bernyanyi, mungkin kurang lebih inilah yang Anda ucapkan “Jangan nyanyi terus kapan mau belajarnya?”. Atau mungkin jika disekolah saat guru sedang menerangkan di dalam kelas suka saja ada anak yang tidak memperhatikan, mereka asik dengan dunia mereka sendiri ntah itu mengobrol, menulis, menggambar atau bernyanyi. Ada sebaiknya kita hindari melaranganak secara langsung apalagi jika di iringin dengan bentakan "Jangan ngobrol terus kan ibu/bapak sedang menerangkan" karena berdasarkan survey membentak bisa merusak sel-sel saraf otak. Jadi ada baiknya kita mempelajari seni menasehati anak. Misalnya saja kasus anak yang bernyanyi saat disuruh belajar, berilah ia pujian atas apa yang dilakukannya setelah itu baru arahkan anak untuk melakukan hal yang harus di kerjakan "suara kamu bagus sekali nak, tapi bernyanyinya di tunda dulu ya, sekarang kita belajar nanti bernyanyinya di lanjut lagi." dengan begitu anak pun tidak akan "down" dan benar-benar berhenti melakukan apa yang di sukainya, bisa jadikan passionnya dia di bernyanyi.
E : evaluasi. Kita harus melakukan apapun yang kita sukai, melakukan yang telah kita terapkan dengan rasa antusias agar semakin kuat. Misalnya kita suka bernyanyi kita terapkan nyanyian itu dalam keseharian kita di tambah kita melakukannya dengan perasaan antusias, itu semua lama-kelamaan akan menjadi potensi kita karena terus diasah maka menjadi kuat menempel dalam diri kita.
 
Dikarenakan waktu talkshow yang hanya satu jam maka dibahasnya hanya baru sampai P O T E untuk kalian yang penasaran dengan kelanjutannya bisa disimak ditalkshow selanjutnya. Untuk waktunya kalian bisa pantengin facebook, twitter dan instagram BIMO Sang Juara.Semoga informasi ini bermanfaat. Silahkan di share agar semakin banyak orang yang merasakan kebermanfaatannya.