Wednesday, August 26, 2015

Hipnoterapi Jakarta - Haruskah Anak Kita Tinggal Kelas?

Apakah Anda mempunyai anak yang pernah tinggal kelas atau kita lebih familiar dengan anak tidak naik kelas? Atau mungkin saya yakin Anda familiar dengan kata “tinggal kelas atau tidak naik kelas” saat semester genap masa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Bila kita amati secara jujur, anak biasanya (belum) berhasil hanya pada mata pelajaran tertentu. Tapi ini bukan berarti anak kita bodoh. Yang lebih parah lagi adalah bila misalnya anak kita mendapat angka merah untuk pelajaran tertentu, misalnya pelajaran agama atau bahasa Indonesia, maka anak kita diharuskan untuk tinggal kelas dan mengulang kembali semua pelajaran lainnya. Bukankah ini adalah suatu pelecehan dan pembodohan? Anak kita dipaksa untuk mengulang seluruh materi pelajaran yang sudah ia kuasai hanya karena ada satu atau dua mata pelajaran yang mendapat angka merah. Saya sampai saat ini tetap bingung dan tidak habis mengerti mengapa hanya karena mendapat nilai merah pada mata pelajaran tertentu, akibatnya seorang murid harus menghabiskan waktu satu tahun dari usianya yang sangat berharga hanya untuk mengulang semua pelajaran di kelas yang sama?

Selain itu, dari manakah kita menetapkan kesepakatan bahwa nilai rata-rata anak akan menentukan tingkat kecerdasan atau prestasi akademisnya? Misalnya, anak kita nilai matematikanya 9, dan nilai olahraganya 6. Lalu rata-ratanya adalah 7,5. Berarti anak kita ini termasuk anak biasa-biasa saja. Mengapa? Karena nilai rata-ratanya hanya 7,5. Anak ini kalah pintar dibandingkan dengan temannya yang punya nilai rata-rata 8 karena mendapatkan nilai olahraga 9 dan matematika 7. Apakah benar demikian? Ini sama halnya dengan kita menjumlahkan 9 apel dengan 7 jeruk dan kita dapatkan rata-rata buah apel dan jeruk sebesar 8. Sesuatu yang tidak masuk akal dan sangat konyol. Saya sangat berharap agar anak diberi kesempatan untuk terus naik kelas dan hanya mengulang pelajaran yang ia belum lulus, seperti sistem di perguruan tinggi.

Sumber : Buku Born To Be A Genius Karya Adi W Gunawan