Thursday, August 6, 2015

Hipnoterapi Jakarta - Pemimpin Baru PP Muhammadiyah


Pada Muktamar ke-47 Muhammadiyah yang berlangsung Pada hari Kamis, 07 Jul 2015 di Balai Sidang Kampus Unismu Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, telah ditetapkan Dr. Haedar Nashir sebagai ketua umum PP Muhammadiah periode 2015 - 2020

Haedar Nashir adalah mantan sekretaris PP Muhammadiyah periode 2000 - 2005. Beliau sudah menjadi anggota Muhammadiyah sejak tahun 1983. Saat ini dia berprofesi sebagai Dosen di Fisipol Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY). Haedar memang terbilang aktif dalam organisasi, terbukti dengan dia pernah menjadi Ketua I Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), pernah menjadi pengurus Departemen Kader PP Pemuda Muhammadiyah,  menjadi Ketua Badan Pendidikan Kader di PP Muhammdiyah, menjadi Pembinaan Angkatan Muda Muhammadiyah, dan di bawah kepemimpinan dua periode Din Syamsuddin (2005-2015), Haedar adalah seorang ketua di PP Muhammdiyah. Haedar juga dikenal sebagai penulis yang produktif. Salah satu buku yang ditulisnya yaitu Muhammdiyah gerakan pembaruan.

Dengan visinya yang akan membawa Muhammadiyah menjadi lebih maju, modern, dan profesional sebagai gerakan Islam yang mengusung misi pencerahan, Haedar di tetapkan sebagai Ketua Umum PP Muhammdiyah saat ini. Haedar mengajak untuk bersama-sama mencerahkan bangsa, “Mari bersama-sama berkiprah mencerahkan bangsa dengan visi Muhammadiyah”,

Pemimpin adalah seseorang yang bisa memimpin, menggerakan orang lain untuk bisa sama-sama mencapai tujuan, serta yang bisa melakukan perubahan kepada yang lebih baik. Pemimpin adalah seseorang yang bisa menggunakan kemampuannya, sikapnya, nalurinya, dan ciri-ciri kepribadiannya yang mampu menciptakan suatu keadaan, sehingga orang lain yang dipimpinnya dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan.

Dalam buku Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager,karya Dr. Muhammad Syafii Anttonio, M.Ec, dalam tataran sosial diperlukan seorang leader yang mampu merajut titik-titik temu dari berbagai elemen masyarakat yang berbeda sari sisi ideologi, kultur dan tradisinya, menjadi suatu tatanan masyarakat baru yang bergerak menuju peradaban baru.

Indonesia merindukan suri tauladan leadership yang meyakini bahwa jabatan adalah tanggung jawab dunia akhirat dan bukan kemegahan serta peluang (opportunity) untuk menambah kekayaan semata dengan cara apapun. 

Teladan kepemimpinan itu sesungguhnya terdapat pada diri Rasulullah SAW karena ia adalah pemimpin yang holistic, acepted, dan proven. Holistic karena beliau pemimpin yang mampu mengembangkan leadership dalam berbagai bidang. Kepemimpinannya yang accepted karena diakui lebih dari 1,3 miliyar manusia. Kepemimpinannya yang proven karena sudah terbukti sejak lebih dari 15 abad yang lalu hingga hari ini masih relevan diterapkan.

Muhammad SAW adalah manusia yang luar biasa yang patut diteladani dan diikuti jejak - jejak kesuksesannya yang multidimensi. Muhammad SAW disamping meninggalkan teladan yang bisa ditiru juga meninggalkan banyak inspirasi dan kebijaksanaan tentang banyal hal

Semoga kelak kita juga bisa mempunyai pemimpin yang bisa meneladani sifat dan sikap kepemimpinannya Rasulullah, serta bisa memiliki pemimpin yang baik yang bisa memberikan inspirasi kepada yang lain.

Sumber : Buku Muhammad SAW, The Super Leader Super Manager, karya Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec, 
dan berbagai sumber lainnya