Monday, August 17, 2015

Hipnoterapi Jakarta - Indonesia Merdeka, Bagaimana Anda Memaknainya ?


17 Agustus 2015 tepat 70 tahun Indonesia merdeka. Yang unik di tahun sekarang yaitu dari tanggal dan usianya. Negara kita merdeka pada tanggal 17 - 08 - 45 jika kita jumlahkan 17+08+45 maka hasilnya 70 , dan tepat di tahun 2015 Indonesia sudah merdeka 70 tahun lamanya.

70 tahun merdeka, apakah saat ini rakyat Indonesia sudah merasakan kemerdekaan hasil perjuangan rakyat Indonesia dahulu ? iya sangat merasakan, dengan tidak adanya penjajahan/ peperangan yang dilakukan oleh bangsa asing lagi. Lalu apakah kita sudah memaknai kemerdekaan dengan sesungguhnya ? Mari kita memaknai arti merdeka menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

1. Merdeka artinya bebas, bebas dari perhambaan, penjajahan, dan berdiri sendiri.

Makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia diartikan sebagai terbebasnya dari penjajahan, penjajahan yang dilakukan dengan peperangan, perang untuk menguasai wilayah, menguasai kekayaan alam Indonesia, memeras tenaga rakyat Indonesia, dan lain-lain. Selama 4 abad lebih rakyat Indonesia dijajah oleh bangsa asing namun dengan semangat juang yang tidak kenal menyerah serta dilandasi dengan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta keikhlasan berkorban yang telah terpatri dalam jiwa rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan, akhirnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Berarti Indonesia sejak saat itu sudah bebas dari penghambaan, penjajahan, dan dapat berdiri sendiri.

2. Merdeka artinya tidak terkena atau lepas dari tuntutan

Indonesia memiliki sistem demokrasi, demokrasi yaitu gagasan atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama bagi semua warga negara. Bisa diartikan bahwa dengan adanya asas demokrasi, rakyat Indonesia lepas dari tuntutan yang memaksa serta bebas berpendapat dan berekspresi diri karna rakyat Indonesia mempunyai persamaan hak dan kewajiban sebagai warga negara, artikan juga kebebasan dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya, bisa bebas menggunakan hak kita tetapi harus memikirkan kewajiban kita sebagai rakyat Indonesia.

3. Merdeka artinya tidak terikat dan tidak tergantung kepada orang atau pihak tertentu

Generasi muda Bangsa Indonesia harus turut serta berpartisipasi mempertahankan kemerdekaan, karena setelah memperjuangkan kemerdekaan, Sukarno dan Moch. Hatta mendambakan sumber daya alam dikelola oleh anak bangsa sendiri, berharap para pemuda-pemudi bisa membangun negeri dan mengajarkan kepada anak bangsa lainnya, sehingga bangsa Indonesia menjadi makmur, kuat, dan tidak tergantung oleh bangsa lain.

Bagaimana memaknai kemerdekaan untuk saat ini ? saat ini rakyat Indonesia sudah merdeka. Tinggal kewajiban negara untuk mempertahankan kemerdekaan tersebut dengan membentuk suatu negara yang makmur dan sejahtera. Jika pemerintah tidah bisa melakukan hal itu, artinya pemerintah juga menjajah rakyatnya. Tak hanya pemerintah juga yang berperan penting mempertahankan kemerdekaan Indonesia, Rakyat Indonesia pun harus turut andil mempertahankannya, Mengutip dari pernyataan Bu Ani Yodhoyono 

" Sudahkah negara kita mencapai kesejahteraan seperti impian para pendahulu kita? Belum, masih jauh, masih perlu kerja keras dan perjuangan dari seluruh elemen bangsa. Tanyalah pada diri kita masing-masing, apakah kita sudah cukup berbuat untuk memajukan bangsa kita? sekecil apapun yang kita perbuat, InsyaaAllah akan menyumbang terhadap kemajuan bangsa. Majulah bangsaku, jayalah negeriku " 
-Bu Ani Yudhono-

Berharap dengan 70 tahun merdekanya Indonesia, Negara Indonesia bisa lebih baik lagi, lebih makmur dan sejahtera. Merdeka dari penjajah moral, penjajah pikiran, dan penjajah-penjajah yang merusak nilai-nilai kebangsaan Indonesia.