Friday, August 14, 2015

Hipnoterapi Jakarta - Belajar dari Bunga Azalea

Perkenalan tak di sengaja
Ya bisa dibilang seperti itulah aku mengenalmu
Kim So Wol
Dialah yang mengenalkanmu lewat sebait kata-kata
Kata-kata yang tak dapat dimengerti
Hanya satu yang bisa ku pahami
mungkin dia sedang menceritakan tentang “perasaan merelakan”
saat itu aku tertarik padamu meskipun hanya namamu yang ku tau
hingga akhirnya Ali Sastra pun mensyairkan sebuah lagu tentangmu
“mengagumi diam-diam” itulah makna yang tersirat dalam rangkaian kata yang disampaikannya.
Aku putuskan untuk mencari tahu tentangmu
Mungkin ini bukan hanya sekedar rasa kagum atau tertarik
Tapi sepertinya aku pun telah jatuh cinta padamu
. . . . . . . . . . AZALEA . . . . . . . . . .

Ada yang pernah nonton drama korea “The Greatest Love” itu lho yang nama pemainnya Gu Ae-jeong dan Dokko Jin,tapi di sini saya tidak akan membahas tentang drama tersebut. Di episode-episode terakhir Dokko Jin membacakan sebuah puisi karya Kim So Wol - Jindallae Kkot (Azalea Flower). Berikut adalah sepenggalan isi puisi tersebut yang sudah di translate

Ketika kamu pergi
Lelah atas diriku
Tanpa kata aku harus membiarkanmu

Kita akan langsung bisa menebak jika orang dalam puisi itu merelakan kepergian seseorang yang disayanginya.

Ntahlah daya tarik apa dari puisi tersebut hingga akhirnya saya tertarik dengan bunga azalea. Tahun 2014 saya mendengarkan sebuah lagu yang dibawakan oleh Ali Sastra berjudul “azalea”, lagi-lagi tentang azalea. Akhirnya saya tahu jika lagu tersebut adalah karya Alm. Kang Aden (Vokalis Edcoustic) yang sengaja di buat untuk jadi soundtrack buku karya Alm. Kang aden  yang mempunyai judul yang sama pula  yaitu “Azalea”
Azalea (Rhodondron sp), saya rasa bunga ini kurang terkenal di kalangan mereka yang bukan penyuka bunga, tidak seperti mawar, melati, dan edelweis. Tapi kenapa coba beberapa orang mengangkat tema tentang  bunga ini untuk karyanya? Jika saya harus menjawab mungkin karena azalea mempunyai makna kesederhanaan.
Di Negara kita, bunga yang memiliki 800 ragam spesies ini banyak tumbuh di dataran tinggi dan puncak gunung, sedangkan di habitat liar biasanya azalea tumbuh di hutan dan wilayah berawa, sehingga ia tidak memerlukan perlakuan khusus untuk tumbuh dan bertahan hidup, hingga waktunya musim semi tiba dengan sendirinya ia akan memekarkan keindahan warna bunganya yang bermacam rupa.

Maka kita bisa belajar dari azalea tentang makna keikhlasan. Azalea bukanlah bunga yang mewah bukan pula bunga terindah, ia nampak biasa namun memberikan kesan yang indah dan memancarkan aura kesejukan. Disanalah letak kekuatannya ia simpan, dalam keindahan yang sederhana.