Tuesday, August 4, 2015

Hipnoterapi Jakarta - Google Doodles Hari Ini Peringati 101 Tahun Sistem Lampu Lalu Lintas

Ulang Tahun ke-101 Sistem Lampu Lalu Lintas Listrik Pertama
Sumber : Copy Image from Google Doodles
Bagi penikmat internet nih, apalagi yang hobinya googling dan yang suka tanya-tanya ke abah google ini pasti ada yang menarik pandangan Anda ketika membuka google.com. Ya Google Doodle hari ini mempunyai tampilan yang berbeda dari tampilan homepage sebelumnya. Ternyata saat ini tepat 101 tahun diperingatinya lampu lalu lintas pertama.

Google doodle hari ini menampilkan animasi berbentuk gambar kendaraan yang melaju ketika lampu berwarna hijau, dan berhenti ketika lampu berwarna merah. Animasi ini menggambarkan ketika 101 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 5 Agustus 1914, American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal yang terdiri dari dua warna yakni merah dan hijau, serta sebuah bel listrik untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu sinyal ini dipasang di dua sudut jalan Ohio, ohio merupakan sebuah negara bagian Amerika Serikat.

Lampu lalu lintas sebelumnya dipasang pada tanggal 10 Desember 1868 oleh sarjana lalu lintas J.P Knight, dipasang di luar Gedung Parlemen di Inggris. Lampu ini menyerupai jam dengan bentuk seperti semapur dan lampu warna hijau dan merah untuk malam hari. Tenaga untuk menghidupkan lampu tersebut berasal dari tenaga gas. Namun pada tahun 1869 tiba-tiba lampu  meledak dan melukai seorang petugas polisi hingga lampu tersebut tidak dipakai lagi. Beberapa tahun kemudian, yaitu tahun 1912 ditemukan lampu lalu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik oleh seorang polisi di Salt Lake City, Amerika Serikat.

dan pada tanggal 5 Agustus 1914 lah James hoge mendesain lampu sinyal dengan dua warna dan sebuah bel listrik. Sekitar tahun 1920, polisi bernama Wiliam Potts menyempurnakan lampu lalu lintas tersebut dengan tiga warna, yakni merah, hijau, dan kuning. Temuan Wiliam Potts ini menjadi sejarah Lampu Lalu Lintas yang Pertama Kali Ditemukan sampai saat ini. Lampu lalu lintas pertama kali dioperasikan dengan cara otomatis pada bulan Maret 1922 di Houston, Texas. dan pada tahun 1923 temuan ini dipatenkan oleh Garret Morgan

Fungsi dari lampu lalu lintas ini yaitu, lampu merah tanda agar kendaraan harus berhenti, lampu hijau tanda kendaraan mulai melaju, dan tanda kuning sebagai tanda hati-hati

Dengan adanya penemuan lampu lalu lintas pada masa lalu kini dapat memberikan kenyamanan untuk para pengendara. Penemuan tersebut terus dipergunakan sampai saat ini dan terus dikembangkan guna untuk menghindari kecelakaan yang terjadi di jalan raya. Karena terus disempurnakannya lampu lalu lintas dan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, kini lampu lalu lintas mempunyai banyak variasi, Misalnya lampu jalan raya spesial pejalan kaki, lampu jalan raya buat pemakai sepeda, bus, kereta, dan sebagainya. 



Sumber : Wikipedia dan berbagai sumber lainnya